Thursday 3 August 2017

Pempek Kapal Selam



Bahan :
  • 500 gram ikan belida atau tenggiri
  • 500 gram tepung sagu
  • 2 buah telur ayam
  • 1½ sendok teh garam
  • 250 cc air matang
  • 1 sendok teh penyedap rasa, seperti royco, masako atau vetsin
  • Telur untuk isi secukupnya

Cara membuat Pempek Kapal Selam Palembang Ala Pak Raden :

  1. Bersihkan sisik dan isi perut ikan lalu belah menjadi 2 bagian, dan bersihkan dari tulang tulang serta isi perutnya, kemudian fillet dagingnya dan haluskan.
  2. Daging ikan yang sudah dihaluskan tadi kemudian dicampur dengan telur, garam dan penyedap rasa lalu beri air sedikit lalu aduk hingga tercampur rata. kemudian masukkan tepung sagu secara bertahap sambil terus diaduk, lakukan hingga adonan kalis dan dapat dibentuk.
  3. Ambil adonan secukupnya, kemudian bentuk seukuran bola tenis, lakukan hingga adonan habis, setelah semua adonan telah berbentuk seperti bola tenis, pipihkan dan bentuk seperti mangkuk, lalu isi dengan  telur, kemudian rekatkan kembali pinggirannya dengan cara mencubit- cubit, pastikan jangan ada celah, karena bila ada celah telur akan keluar dan adonan pecah ketika direbus nanti.
  4. Rebus air hingga mendidih dan masukkan adonan, ada baiknya campurkan sedikit minyak sayur agar adonan tidak saling menempel. jika dirasa adonan telah masak dan empuk angkat kemudian tiriskan.
  5. pempek pun telah siap untuk digoreng, pada saat menggoreng gunakan minyak yang panas agar hasilnya bagus, dan jangan terlalu kering menggorengnya jika tidak langsung dimakan, karena jika terlalu kering, biasanya pempek akan mengeras ketika sudah dingin.
  6. Taruh potongan pempek, lalu iris menjadi beberapa bagian, tambahkan rajangan timun dan mie kuning, lalu siram dengan Cuko pempek. Resep Pempek Kapal Selam Palembang Ala Pak Raden pun telah siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment